2.1. Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
A. PENDAHULUAN
A. PENDAHULUAN
Perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai
penggunaan computer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Keuangan
berhubungan dengan pemegang saham dan pemilik serta pelanggan perusahaan.
Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan
serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan
perangkat lunak. Manufaktur berhubungan dengan pemasok perusahaan dan serikat buruh.
Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk berhubungan dengan pelanggan dan
pesaing perusahaan. Semua area itu berhubungan dengan pemerintah. Transaksi
bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan
internet.
B. PEMBAHASAN
B. PEMBAHASAN
Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik
Ø
Pelayanan yang lebih
baik bagi pelanggan
Ø
Hubungan antara
pembeli dan pemasok tercipta dengan baik
Ø
Pengembalian atas
investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
Ø
Perusahaan-perusahaan
ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai
perbaikan di seluruh organisasi.
Ø
Manfaat berkontribusi
pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing lebih
baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi
computer.
Kendala perdagangan melalui
jaringan elektronik
Ø
Biaya yang
dikeluarkan sangat tinggi
Ø
Masalah keamanan
kurang terjamin
Ø
Banyak perangkat
lunak yang kurang memadai atau bahkan tidak tersedia
Ø Perusahaan –
perusahaan yang telah memiliki system terutama menggunakannya untuk transaksi
antara pengguna dengan pemasok
Ø
serta proses-proses
utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer, serta
faktur.
Ø
Mengumpulkan
intelijen bisnis
Ø
System Antar
Organisasi (IOS) dimana didalamnya terdapat EDI
Ø
Membuat metodologi
yang tersedia mencakup daur hidup system dan peranvangan ulang proses bisnis
Ø
Menggunakan teknologi
yang tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan
internet
Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS).Secara
garis besar dapat digambarkan seperti ini Rencana bisnis strategis untuk
mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan melalui jaringan elektronik
untuk mencapai keunggulan strategis. Perusahaan pertama-tama mengumpulkan
intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran potensial yang akan dimainkan
tiap elemen lingkungan. Saat perusahaan-perusahaan saling berinteraksi, langkah
selanjutnya adalah membentuk suatu system antar organisasi (IOS) melalui
pertukaran data elektronik (EDI) atau suatu ekstranet. Ekstranet adalah suatu
jenis khusus system internet yang menggunakan browser halaman Web dan server
web standar, seperti system internet tradisional, tetapi sejumlah kecil entitas
luar yang dipercaya diberikan akses ke data dan aplikasi sensitive milik
perusahaan. IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup system atau melakukan
rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya adlah system berorientasi jaringan
yang menggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai tambah, internet, atau
kombinasinya.
2.2. Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Untuk tiap masalah,
ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk
permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan
elektronik. Namun strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang
elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang
diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar organisasi (IOS).
Istilah lain adalah EDI yang berarti pertukaran data elektronik. Kedua
istilah tersebut sering dipergunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu
pebedaan, EDI dianggap subset dari IOS. Pertukaran data elektronik adalah
suatu cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.
2.3. Sistem Antar Organisasi (IOS)
IOS (Interorganizational system), disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS
Para mitra
dagang ikut dalam IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat
itu terbagi dalam dua kategori – efisiensi komparatif dan kekuatan tawar
menawar.
Ø Efisiensi Komparatif Dengan
bergabung dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka
dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing. Perbaikan dalam efisiensi
ini dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi
lain.
Ø Efisiensi internal Terdiri dari
perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan
perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat, menganalisisnya lebih cepat,
dan membuat keputusan lebih cepat.
Ø Efisiensi antar organisasi Mencakup
perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan
lain. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan untuk menawarkan lebih banyak
barang dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan
tertentu ke pelosok atau pelanggan, serta lebih mudah mengumpulkan data
lingkungan.
Kekuatan
tawar menawar
Kemampuan
suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan
pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining
power). Kekuatan itu berasal dari 3 metode dasar
1.Keistimewaan
produk yang unik; pemesanan lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, waktu
respon atas permintaan informasi yang lebih cepat.
2. Penurunan
biaya yang berhubungan dengan pencarian; mengurangi biaya belanja dalam mencari pemasok,
dapat mengidentifikasi produk alternative dengan mendapatkan harga yang
terendah.
3. Peningkatan
biaya peralihan; perusahaan ingin jika pelanggan beralih ke pesaing maka
biaya peralihannya menjadi mahal. Ketergantungan produk satu dengan yang
lainnya sangat tinggi.
2.4. Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang
terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer
diantara beberapa perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data
ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.
Hubungan EDI yang umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply
side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side) Set
transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur. EDI memungkinkan
terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara
Elektronik.
Standar EDI
Standar yang digunakan di
Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1.Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set
transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2.Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang
ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3.Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set
transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer
perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen
kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
Ø Tekanan Pesaing
Ø Kekuasaan yang dilaksanakan
Ø Kebutuhan Intern
Ø Dukungan manajemen puncak
Manfaat EDI
Beberapa manfaat EDI langsung
berasal dari teknologi. Ini adalah manfaat langsung dari pengurangan
kesalahan, pengurangan biaya, dan peningkatan efisiensi operasional. Manfaat
lain di hasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat tidak langsung
dari peningkatan kemampuan bersaing, hubungan dengan mitra dagang yang lebih
baik, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik
2.5. Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan
Teknologi :
1.Sambungan
Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi
2.Jaringan
Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual
yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang
diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3.Internet,
memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan
para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
KESIMPULAN
Manfaat perdagangan melalui jaringan
elektronik :
- Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
- Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
- Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat.
Kendala perdagangan melalui jaringan
elektronik
:
- Biaya Tinggi.
- Masalah Keamanan.
- Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
Jalan menuju perdagangan melalui jaringan
elektronik :
- Mengumpulkan intelijen bisnis.
- Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS).
Sumber :
2. sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id
0 komentar:
Posting Komentar