5.1.Arsitektur Komputer
PENDAHULUAN
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan
rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat
keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal
ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan
mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
PEMBAHASAN
Peralatan input
Perangkat input merupakan peralatan yang dapat
digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini
yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar
komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja
yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh
manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini
berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada
data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary
encoded information).
Pemrosesan
pusat dan penyimpanan sekunder
CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan
instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut
microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control
unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua
bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil
yang disebut register.
Penyimpanan sekunder (secondary
storage)
Penyimpanan sekunder (juga dikenal sebagai memori
eksternal atau penyimpanan tambahan), berbeda dari penyimpanan utama dalam hal
itu tidak langsung dapat diakses oleh CPU. Komputer biasanya menggunakan input
/ saluran output untuk mengakses penyimpanan sekunder dan transfer data yang
diinginkan dengan menggunakan daerah menengah dalam penyimpanan utama.
Penyimpanan sekunder tidak kehilangan data bila perangkat dimatikan-itu adalah
non-volatile. Per unit, itu biasanya juga dua lipat lebih murah dari
penyimpanan utama. Akibatnya, sistem komputer modern biasanya memiliki dua
perintah besarnya lebih penyimpanan sekunder dari penyimpanan primer dan data
disimpan untuk waktu yang lebih lama disana.
Peralatan
output
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan
menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam
bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
- Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
- Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
- Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
5.2.Software
Nama lain dari Software adalah
perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun
berbeda dengan hardware
atau perangkat
keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang
dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau
Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang
tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk
dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan
data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah
suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Sistem
Operasi
Sistem Operasi (Operating System) atau yang biasa
disingkat OS, merupakan perangkat lunak (software) sistem yang
bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi
dasar dari suatu sistem Komputer. Manajemen ini termasuk menjalakan software
aplikasi seperti program-program pengolah kata, pemutar multimedia, dan
sebagainya.
Sistem Operasi merupakan software pertama yang
terdapat pada memori komputer pada saat komputer dijalankan. Sedangkan
software-software lainnya akan dijalankan setelah sistem operasi berjalan
terlebih dahulu. Setelah itu sistem operasi akan melakukan pelayanan terhadap
software-software tersebut. Beberapa layanan yang biasa dikerjakan oleh sistem
operasi yaitu:
1. Akses Disk
2. Manajemen Memori, Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa
memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan
mempunyai akses kepada sistem file.
3. Penjadwalan Task, Jika ada beberapa program
yang berjalan secara bersamaan sistem operasi akan mengatur
jadwal yang tepat, sehingga program-program tersebut tidak crash serta dapat
berjalan sesuai prosedir.
4. Pengaturan user interface
5. dsb..
Beberapa tugas diatas seharusnya dikerjakan oleh Software.
Akan tetapi dengan adanya sistem operasi , software tak perlu
mengerjakan tugas-tugas tersebut. Bagian sistem operasi yang melakukan
tugas-tugas inti tersebut dinamakan Kernel.
Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa
bagian :
1. Mekanisme Boot. yaitu meletakan Kernel ke dalam
Memori
2. Kernel, yang merupakan inti dari sebuah sistem
Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas
membaca input dari Pengguna
4. Pustaka-pustaka, sebagai penyedia kumpulan fungsi
dasar dan standart yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5. Driver, berguna untuk berinteraksi dengan Hardware
eksternal.
Ada banyak sekali macam-macam sistem operasi yang
dapat kita temui di pasaran. Beberapa diantaranya ada yang harganya sangat
mahal, beberapa diantaranya ada juga yang dibagikan secara gratis. Beberapa Contoh
Sistem Operasi Komputer adalah :
1. Windows
2. Linux
3. MacOS(Macintosh
Operating System)
4. Solaris
5. Garuda OS (buatan Indonesia)
8. dll.
Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application
yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti
pengolah. Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas
perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk
melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utama perangkat lunak
aplikasi adalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar
media.
Kumpulan aplikasi komputer yang digabung
menjadi suatu paket biasanya disebut paket atau suite aplikasi (application
suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang
menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa
aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki
antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk
mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Umumnya aplikasi-aplikasi tersebut
memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi sehingga menguntungkan pemakai.
Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen pengolah
kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Berdasarkan jenisnya, aplikasi komputer dapat
dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :
1. Enterprise
Digunakan untuk organisasi yang cukup besar dengan
maksud menghubungkan aliran data dan kebutuhan informasi antar bagian, contoh :
IT Helpdesk, Travel Management dll.
2. Enterprise – Support
Sebagai aplikasi pendukung dari Enterprise, contohnya
: Database Management, Email Server dan Networking System.
3. Individual Worker
Sebagai aplikasi yang biasa digunakan untuk
mengolah/edit data oleh tiap individu. Contoh : Ms.Office, Photoshop, Acrobat
Reader dll.
4. Aplikasi Akses Konten
Adalah aplikasi yang digunakan oleh individu (hanya)
untuk mengakses konten tanpa kemampuan untuk mengolah/mengedit datanya
melainkan hanya melakukan kustomisasi terbatas. Contoh : Games, Media Player,
Web Browser.
5. Aplikasi Pendidikan
Biasanya berbentuk simulasi dan mengandung konten yang
spesifik untuk pembelajaran.
6. Aplikasi Simulasi
Biasa digunakan untuk melakukan simulasi penelitian,
pengembangan dll. Contoh : Simulasi pengaturan lampu lalu lintas.
7. Aplikasi Pengembangan Media
Berfungsi untuk mengolah/mengembangkan media biasanya
untuk kepentingan komersial, hiburan dan pendidikan. Contoh : Digital Animation
Software, AudioVideo Converter dll.
8. Aplikasi Mekanika dan Produk
Dibuat sebagai pelaksana/pengolah data yang spesifik
untuk kebutuhan tertentu. Contoh : Computer Aided Design (CAD), Computer Aided
Engineering (CAE), SPSS dll.
5.3.Peranan Peralatan Input
dan Output Serta Software dalam Pemecahan Masalah
Semua alat input dan output
dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak
langsung. Contoh: keyboard , display,
printer dan plotter (berperan langsung),
source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung).
Seperti
halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak
langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis
umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi
peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung),
spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan
langsung).
KESIMPULAN
Bedasarkan pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan:
Arsitektur komputer
generasi keenam :
Mencapai teraflops yaitu aritmatika
sepuluh perdetik.
2 RISC (Reduced Instruction Set Computing)
merupakan sebuah arsitektur komputer atau arsitektur komputasi modern dengan
instruksi-instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana. Arsitektur ini
digunakan pada komputer dengan kinerja tinggi, seperti komputer vektor.
3 Pipelening untuk jumlah instruksi yang
dapat ditingkatkann dalam satu unit waktu.
4 Pemrosesan parallel.
5 Bahasa pemrograman tingkat tinggi (lebih
dekat dengan manusia).
Organisasi komputer
generasi keenam :
1. Penggunaan blue laser, hologram.
2. Penggunaan sistem dengan lebih dari 200
vektor.
3. Bentuk bermacam-macam tergantung
kebutuhan.
SUMBER
- http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
- http://journal.mercubuana.ac.id/data/ARSITEKTUR%20%20KOMPUTER1.doc
- www.yohanes_ari.staffgunadarma.ac.id
- http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2067216-pengertian-perangkat-input/#ixzz2GFyga4Gc
- http://mellyndut.blogspot.com/2010/07/pengertian-alat-input.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_data_storage
- http://efankhonghucu.blogspot.com/2010/05/peralatan-input-output.html
- http://www.ebookbeta.com/alat/alat-input-dan-output-terbaru-page.html
- http://liyantanto.wordpress.com/2009/05/05/inputmasukan-dan-outputkeluaran/
0 komentar:
Posting Komentar